UI/UX Design

Tingkatkan Kualitas Literasi, KKG PAI Trenggalek Gelar Workshop Penulisan Artikel

 

Foto : kegiatan pembukaan workshop Literasi KKG PAI Kab. Trenggalek

Kelompok Kerja Guru Agama Islam (KKG PAI) Sekolah Dasar Kabupaten Trenggalek menggelar Workshop Penulisan Artikel dan Jurnalistik Pendidikan bagi Guru Agama Islam Sekolah Dasar se Kabupaten Trenggalek. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek, mulai tanggal 20 sampai 22 Februari 2024.

Kegiatan yang digelar tiga hari tersebut diikuti sebanyak 150 guru dengan kategori yang sudah berstatus sertifikasi.

Moh. Hatta, Ketua KKG PAI Kabupaten Trenggalek mengatakan bahwa tujuan spesifik dari kegiatan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas literasi bagi guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kabupaten Trenggalek.

"Tujuan utama dari  adanya kegiatan workshop ini adalah semata-mata untuk meningkatkan kualitas literasi bagi Guru Agama Islam SD di kabupaten Trenggalek. Tentu ini merupakan tuntutan zaman yang harus dilalui oleh para guru". Jelasnya.

Nara sumber dalam kegiatan workshop ini adalah para guru Agama Islam yang sudah mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah serta para guru yang sudah mengikuti program Guru Penggerak.

Foto : peserta workshop dari kecamatan Munjungan mempresentasikan hasil kerja

 Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek, Ahmad Basuki, S.Pd, M.SI menuturkan bahwa kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah ini bertujuan untuk menggugah minat menulis bagi Guru Agama Islam.

"Pengembangan kompetensi bagi guru Agama Islam memang harus selalu dilakukan, termasuk kompetensi literasi. Apalagi sekarang ini di dunia pendidikan memang sedang digalakkan sadar literasi, sehingga para guru harus berupaya untuk memperkaya diri dengan tulisan, termasuk para Guru Agama", tuturnya.

Diakhir kegiatan, para peserta diminta untuk membuat tulisan yang akan diunggah di media KKG Kabupaten Trenggalek sebagai aksi Rencana Tindak Lanjut (RTL).

(ltf)