UI/UX Design

Korwil Munjungan Selenggarakan Seleksi OSN 2024 Jenjang SD

 


Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud tahun ini menggelar kembali Olimpiade Sains Nasional (OSN). OSN ini bisa diikuti siswa SD, SMP, hingga SMA.

Pada jenjang Sekolah Dasar (SD) ada dua cabang mata pelajaran yang diujikan dalam OSN, yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Tema OSN SD tahun ini adalah “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi”. Seleksi peserta OSN SD 2024 dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K), tingkat Provinsi (OSN-P), kemudian tingkat Nasional (OSN).

Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan (Korwil Bidik) Kecamatan Munjungan menggelar seleksi OSN 2024 tingkat Kabupaten pada tanggal 20 dan 21 Maret 2024, terpusat di gedung SD Negeri 1 Munjungan dengan mode dalam jaringan (online) menggunakan aplikasi OSN SD versi android.

Foto : Korwil Bidik Munjungan membuka ajang OSN SD

Bapak Guntoyo, S.Pd.M.Pd selaku Pengawas Korwil Munjungan menyampaikan bahwa peserta OSN SD kecamatan Munjungan tahun ini terbilang banyak.

"Alhamdulillah, untuk peserta OSN jenjang SD kecamatan Munjungan tahun 2024 ini mencapai 203 anak yang terdiri dari 111 anak ikut olimpiade IPA dan 92 anak ikut olimpiade matematika", jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kendala yang dialami dalam seleksi OSN tahun ini adalah terjadinya error pada server terutama mata pelajaran IPA.

"Kami mendengarkan setiap keluhan yang disampaikan oleh Bapak/Ibu serta Adik-adik mengenai pelaksanaan tes OSN tingkat Kabupaten untuk jenjang SD secara daring, terutama pada bidang IPA. Kami sepenuhnya menyadari betapa pentingnya OSN ini bagi para peserta yang menyiapkan dengan matang, guru-guru yang telah bekerja keras, maupun para orang tua yang turut memberikan dukungan. Namun pada kendala ini kami penyelenggara di tingkat kecamatan pun tidak bisa berbuat banyak, karena pengendali server adalah Puspresnas. Tentu, kendala ini kami catat dan kami inventarisir untuk kami sampaikan ke Dinas Pendidikan agar ada langkah evaluasi ke depannya", tambahnya.

Foto : Suasana seleksi OSN SD Kec. Munjungan


Untuk diketahui, Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah sebuah ajang talenta di bidang Sains yang diselenggarakan untuk peserta didik SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, dan SMA/MA/Sederajat. Ajang OSN diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

_____________________

(Kontributor : Abd. Latif)