UI/UX Design

Sekolah Dasar Lingkup Korwil Munjungan menggelar Takbir Keliling Idul Adha 1445 H

KKG PAI | Munjungan - Suasana Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah tahun 2024 Masehi semakin terasa meriah dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar yang tersebar di berbagai kawasan kecamatan Munjungan pada Minggu (16/6/2024) malam.

Ratusan murid dari berbagai SD tersebut, menggelar takbir keliling menyusuri jalanan dengan jarak sekitar 3 sampai 5 kilometer. Tampak sejumlah guru dan orang tua mendampingi para murid yang berjalan kaki dengan melantunkan takbir di sepanjang jalan.

Arak-arakan murid dengan membawa obor dan warna-warni lampion menambah sakralnya lantunan takbir dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 hijriyah ini. Terlihat keceriaan dan kegembiraan dari raut wajah para murid yang ikut dalam pawai takbir keliling tersebut. Walaupun jarak yang ditempuh cukup jauh, namun tidak terlihat dari mereka yang mengeluh. Para murid dengan rapi mengatur derap langkah kaki mungil mereka.

Berdasarkan pantauan tim kontributor, setidaknya ada 15 Sekolah Dasar yang menggelar takbir keliling, diantaranya SDN 1 Karangturi, SDN 3 Karangturi, SDN 1 Masaran, SDN 2 Masaran, SDN 1 Munjungan, SDN 2 Munjungan, SDN 1 Ngulungkulon, SDN 2 Karangturi, SDN 3 Tawing, SDN 3 Masaran, SDN 1 Tawing, SDN 2 Besuki, SDN 2 Tawing, SDN 3 Munjungan dan SDN 4 Munjungan.

Dalam kesempatan tersebut, Pengawas Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Munjungan, Guntoyo, S.Pd, M.Pd. menyampaikan apresiasi terhadap sekolah yang menggelar kegiatan takbir keliling tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi atas digelarnya takbir keliling oleh beberapa sekolah dasar. Ini merupakan bentuk nyata lembaga pendidikan dalam mensyiarkan agama Islam di wilayahnya masing-masing. Semoga ke depan semua sekolah dasar dapat menggelar takbir keliling secara bersama-sama", jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada even Idul Adha kali ini belum semua lembaga SD dapat menggelar takbir keliling. Hal ini disebabkan karena banyak sekolah yang masih disibukkan dengan persiapan purnawiyata dan pentas seni akhir tahun pelajaran. Sehingga belum dapat menggelar takbir keliling secara menyeluruh.

Di waktu yang sama, Pengawas Pendidikan Agama Islam SD Kecamatan Munjungan, Drs. Suyoto, M.Pd.I melalui sambungan WhatssApp juga menyampaikan apresiasi.

"Malam hari ini para guru dan siswa tak kenal lelah mengagungkan nama Allah SWT, dengan menyelenggarakan takbir keliling Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M. Selamat kepada Bapak Ibu dan anak-anak. Do'a kami, semoga setiap langkah bernilai Ibadah", ungkapnya.

Kegiatan takbir keliling dimulai ba'da shalat maghrib pukul 18.30 WIB dan selesai sekitar pukul 21.00 WIB, dengan titik kumpul di sekolah masing-masing.

____________________
(Kontributor : Abd. Latif)

 Dokumentasi :