UI/UX Design

Seksi PAIS Kemenag Trenggalek adakan Monev TPG Guru Agama SD Munjungan

 

KKG PAI Munjungan - Seksi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek mengadakan monitoring dan evaluasi guru Pendidikan Agama Islam penerima TPG tahun 2024 di kecamatan Munjungan. Acara ini dilaksanakan di aula Graha Wiyata Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Munjungan, Selasa (11/6/24)).

Monev ini dipimpin oleh Kasi PAIS, bapak Ahmad Basuki didampingi Pokjawas Kemenag Trenggalek, bapak Hindama Ruhyanani, Pengawas PAI bapak Suyoto beserta beberapa orang Staf Seksi PAIS Kantor Kemenag Trenggalek. Selain dari unsur Kemenag, tampak hadir undangan dari Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Munjungan.

Kedatangan tim Monev disambut langsung oleh Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam kecamatan Munjungan Agus Setiawan beserta seluruh anggota KKG PAI SD Kecamatan Munjungan.

Dalam Kesempatan kali ini, Kasi PAIS bapak Ahmad Basuki menyampaikan tujuan monev ini untuk memetakan dan mengetahui seberapa baik pelaksanaan sertifikasi guru dan seberapa efektif mampu meningkatkan kualitas dan kompetensi guru siswa dan mutu pendidikan.


Selain itu, ia juga menginformasikan bahwa pada tahun ini di kabupaten Trenggalek ada 144 guru Agama Islam yang terpanggil dalam proses PPG dalam jabatan dengan pembiayaan APBD.


Monitoring sertifikasi bertujuan untuk memastikan tujuan pemberian sertifikasi guru berjalan efektif, efisien dan berdaya saing,

lebih lanjut Kasi PAIS menjelaskan bahwa sertifikasi guru memiliki beberapa tujuan. Pertama untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, kedua meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan, dan ketiga meningkatkan profesionalisme guru.

“Semoga dengan monev ini, guru PAI semakin berkompeten dalam melaksanakan tugasnya,” pungkasnya. ***(Ltf)